Bio Grapi Hillary Clinton Calon Presiden

Ketika Hillary Clinton terpilih menjadi anggota Senat AS pada tahun 2001, ia menjadi satu-satunya Amerika pertama wanita untuk memegang jabatan nasional. Dia menjadi ke-67 menteri luar negeri pada tahun 2009, melayani hingga 2013.

 

Hillary Clinton lahir pada tanggal 26 Oktober 1947, di Chicago, Illinois. Dia menikah Bill Clinton pada tahun 1975. Dia menjabat sebagai ibu negara 1993-2001, dan kemudian sebagai senator AS dari 2001 hingga 2009. Pada awal tahun 2007, Clinton mengumumkan rencananya untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Selama pemilihan pendahuluan Demokrat 2008, ia mengakui nominasi ketika menjadi jelas bahwa Barack Obama menguasai mayoritas suara delegasi. Setelah memenangkan pemilu nasional, Obama menunjuk Clinton sebagai menteri luar negeri. Dia dilantik pada bulan Januari 2009 dan bertugas di posisi itu hingga 2013. Pada musim semi tahun 2015, ia mengumumkan rencananya untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden AS.

 
53535356757
543543534535 6545646464564474

Hillary Clinton lahir Hillary Diane Rodham pada 26 Oktober 1947, di Chicago, Illinois. Dia dibesarkan di Park Ridge, Illinois, pinggiran indah yang terletak 15 km sebelah barat laut dari pusat kota Chicago. Hillary adalah anak sulung dari Hugh Rodham, seorang pemilik toko kain makmur, dan Dorothy Emma Howell Rodham; dia memiliki dua adik, Hugh Jr (lahir 1950) dan Anthony (lahir 1954).

Sebagai seorang wanita muda, Hillary aktif dalam kelompok muda Partai Republik dan berkampanye untuk calon presiden dari Partai Republik Barry Goldwater pada tahun 1964. Ia terinspirasi untuk bekerja dalam beberapa bentuk pelayanan publik setelah mendengar pidato di Chicago oleh Pendeta Martin Luther King Jr., dan menjadi seorang Demokrat pada tahun 1968.

Hillary menghadiri Wellesley College, di mana ia aktif dalam politik mahasiswa dan terpilih sebagai presiden kelas senior yang sebelum lulus pada tahun 1969. Dia kemudian menghadiri Yale Law School, di mana dia bertemu dengan Bill Clinton. Setelah lulus dengan pujian pada tahun 1973, ia melanjutkan mendaftar di Yale Child Study Center, di mana ia mengambil kursus pada anak-anak dan obat-obatan dan selesai satu tahun studi pasca-sarjana.

Selama musim panas sebagai seorang mahasiswa, Hillary bekerja di berbagai pekerjaan. Pada tahun 1971, ia pertama kali datang ke Washington, DC untuk bekerja pada subkomite Senator AS Walter Mondale pada pekerja migran. Pada musim panas tahun 1972, ia bekerja di negara-negara Barat untuk kampanye calon presiden Demokrat George McGovern.

Pada musim semi 1974, Rodham menjadi anggota staf penyelidikan pemakzulan presiden, memberikan saran kepada Komite Kehakiman Dewan Perwakilan Rakyat selama skandal Watergate. Setelah Presiden Richard M. Nixon mengundurkan diri pada bulan Agustus, ia menjadi anggota fakultas dari University of Arkansas Sekolah Hukum di Fayetteville, di mana dia sekelas Yale dan pacar Bill Clinton mengajar juga.

Hillary Rodham menikah Bill Clinton pada 11 Oktober 1975, di rumah mereka di Fayetteville. Sebelum pertunangan mereka, Clinton diam-diam membeli sebuah rumah kecil yang Hillary pernah mengatakan bahwa dia suka. Ketika ia mengusulkan pernikahan dan dia menerima, ia mengungkapkan bahwa mereka memiliki rumah. Putri mereka, Chelsea Victoria, lahir pada 27 Februari 1980.

 

Pada tahun 1976, Hillary bekerja pada kampanye sukses Jimmy Carter sebagai presiden sementara suami Bill terpilih Jaksa Agung Arkansas. Bill Clinton terpilih menjadi gubernur Arkansas pada tahun 1978 pada usia 32, kehilangan pemilihan pada tahun 1980, tapi kembali untuk menang pada tahun 1982, 1984, 1986 (ketika masa jabatan diperluas dari dua hingga empat tahun) dan 1990.

 

Hillary bergabung dengan Rose Law Firm di Little Rock dan, pada tahun 1977, ditunjuk untuk paruh waktu ketua Pelayanan Hukum Perusahaan oleh Presiden Carter. Sebagai ibu dari Arkansas selama belasan tahun (1979-1981, 1983-1992), ia memimpin Komite Pendidikan Standar Arkansas, co-mendirikan Advokat Arkansas untuk Anak dan Keluarga, dan bertugas di dewan Rumah Sakit Anak Arkansas, Hukum Layanan dan Defense Fund Anak. Dia juga menjabat di dewan TCBY dan Wal-Mart. Pada tahun 1988 dan 1991, The National Law Journal menamai dia salah satu dari 100 pengacara paling kuat di Amerika.

Selama kampanye presiden 1992 Bill Clinton, Hillary muncul sebagai mitra yang dinamis dan dihargai, dan selama presiden berikutnya nya, Hillary mengambil jauh lebih dari peran tradisional wanita pertama. Pada tahun 1993 Bill dipilih dia kepala Satuan Tugas Reformasi Kesehatan Nasional. Komisi kontroversial menghasilkan rencana rumit yang pernah datang ke lantai rumah baik. Saat itu ditinggalkan pada bulan September 1994.

Meskipun kegagalan ini, keterlibatan Hillary diperdalam minatnya dalam perawatan kesehatan, dan menggabungkan pengalaman baru-menemukan dia dengan pekerjaan masa lalunya yang melibatkan kelompok-kelompok anak- dan keluarga-advokasi ia memperjuangkan sejumlah penyebab yang terkait. Pada tahun 1997 ia berpengaruh dalam penciptaan penciptaan Kesehatan Program Asuransi Anak, yang menyediakan dana negara untuk anak-anak yang orang tuanya tidak mampu membayar untuk perawatan kesehatan mereka, dan dia juga berperan dalam berlalunya Adopsi dan Keluarga Aman Undang-Undang, serangkaian reformasi yang bertujuan untuk adopsi dan-anak asuh sistem Amerika.

Hillary juga menggunakan pengaruhnya sebagai wanita pertama yang mendukung penyebab berbagai perempuan. Bekerja dengan itu Jaksa Agung Janet Reno, pada tahun 1995 dia membantu menciptakan Kekerasan Terhadap Perempuan di kantor Departemen Kehakiman, dan bekerja dengan itu Menteri Luar Negeri Madeline Albright dia bepergian secara luas ke negara-negara di seluruh dunia untuk mempromosikan persamaan hak bagi perempuan.

Tapi kepemilikan Hillary sebagai ibu negara itu bukan tanpa kontroversi nya. Pada tahun 1993, ia dan suaminya terlibat dalam Departemen Kehakiman investigasi berkaitan dengan proyek real estate Whitewater di Arkansas. Bank proyek, Morgan Guaranty Simpan Pinjam gagal, biaya pemerintah federal $ 73.000.000. Whitewater kemudian menjadi subyek sidang kongres dan investigasi nasihat independen, dan pada Januari 1996 Hillary terpaksa tampil di hadapan dewan juri federal. Tidak ada biaya yang pernah diajukan terhadap dirinya.

Masalah muncul lagi pada tahun 1998, ketika Gedung Putih menjadi dilalap si skandal seks Monica Lewinsky. Meskipun Hillary terbuka mendukung suaminya selama kejatuhan berikutnya, dia dilaporkan telah dianggap meninggalkan suaminya. Artikel impeachment yang diajukan terhadap Bill Clinton akhir tahun itu, tetapi pada bulan Februari 2009 Senat AS gagal untuk menghukum dia dan dia tetap di kantor selama sisa masa jabatannya.

Dengan suaminya terbatas pada dua istilah di Gedung Putih, Hillary Clinton memutuskan dia akan mencari kursi Senat AS dari New York, yang diselenggarakan oleh keluar Demokrat Daniel Patrick Moynihan, yang pensiun setelah empat hal. Meskipun masalah awal, dan biaya karpet mengantongi, Clinton mengalahkan populer Republik Rick Lazio dengan selisih mengejutkan lebar: 55 persen menjadi 43 persen. Ketika dia dilantik pada tanggal 3 Januari 2001, Clinton menjadi istri pertama seorang presiden untuk mencari dan memenangkan kantor nasional dan wanita pertama yang terpilih menjadi anggota Senat AS dari New York. Selama masa jabatan pertamanya, dia mengambil mana ia tinggalkan, mengabdikan usahanya untuk perawatan kesehatan dan hak-hak anak dan perempuan. pada tahun 2003, ia juga menerbitkan memoar terlaris, Living History.

Pada tahun 2006 Clinton dengan mudah memenangkan pemilihan kembali untuk masa jabatan kedua di Senat. Awal tahun berikutnya, bagaimanapun, ia mengumumkan rencana untuk membuat tambahan baru ke daftar pengalaman pertama pada resume-akan terpilih sebagai presiden perempuannya politik pertama Amerika Serikat. Setelah memulai kampanyenya sebagai terdepan untuk nominasi selama pemilihan pendahuluan Demokrat, dia akhirnya bermata oleh Barack Obama pada bulan Juni 2008 dan berakhir kampanyenya beberapa hari kemudian. Obama memenangkan pemilihan umum November itu.

Tak lama setelah memenangkan pemilihan presiden AS, Barack Obama dinominasikan Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri. Dia menerima nominasi dan telah disahkan oleh Senat sebagai ke-67 menteri luar negeri AS pada tanggal 21 Januari 2009.

Selama masa jabatannya sebagai menteri luar negeri, Clinton menggunakan posisinya untuk membuat hak-hak perempuan dan hak asasi manusia titik berbicara sentral inisiatif AS. Dia menjadi salah satu sekretaris paling bepergian dari negara dalam sejarah Amerika dan mempromosikan penggunaan media sosial untuk menyampaikan posisi negara.

Clinton juga memimpin upaya AS diplomatik di seluruh dunia, termasuk selama musim semi Arab dan 2011 intervensi militer dalam Perang Sipil Libya. Dalam perang melawan terorisme, dia adalah pendukung kuat Presiden Obama dalam keputusannya mengenai dukungan militer untuk Afghanistan, dan juga untuk penggunaan pasukan khusus Amerika dalam pembunuhan Osama bin Laden di Pakistan.

Tapi seperti yang terjadi selama waktu sebagai ibu negara, pada tahun 2012 Clinton menghadapi skandal sekali lagi, ketika Departemen Luar Negeri berada di bawah penyelidikan setelah serangan mematikan di sebuah pos diplomatik AS di Benghazi, Libya, yang menewaskan Duta Besar AS Christopher Stevens dan tiga orang lainnya . Sebuah panel independen mengeluarkan laporan tentang serangan Benghazi, yang menemukan “kegagalan sistematis dan kepemimpinan dan manajemen kekurangan” di Departemen Luar Negeri.

Clinton, yang mengatakan dia mengambil tanggung jawab atas keamanan di pos di Benghazi, dijadwalkan untuk bersaksi tentang serangan sebelum Kongres pada bulan Desember 2012. Dia membatalkan kesaksiannya dijadwalkan, namun, mengutip virus perut dan, kemudian, gegar otak yang dideritanya setelah pingsan (penyebab yang kemudian dilaporkan sebagai dehidrasi). Beberapa anggota Kongres mempertanyakan waktu penyakit Clinton, termasuk Perwakilan Allen Barat, yang menyatakan bahwa ia percaya sekretaris negara itu menderita “kasus flu Benghazi” pada hari ia dijadwalkan untuk bersaksi.

Pada tanggal 30 Desember 2012, Clinton dirawat di rumah sakit dengan gumpalan blod terkait dengan gegar otak yang ia derita di awal bulan. Dia dibebaskan dari rumah sakit New York pada tanggal 2 Januari 2013, setelah menerima perawatan, dan segera pulih dan kembali bekerja.

Kesaksian Clinton pada serangan Benghazi datang pada tanggal 23 Januari 2013. Berbicara kepada anggota Komite Hubungan Luar Negeri House, ia membela tindakannya saat mengambil tanggung jawab penuh atas insiden tersebut dan meneteskan air mata ketika mendiskusikan warga Amerika yang tewas di Benghazi. “Seperti yang telah saya katakan berkali-kali sejak 11 September, saya bertanggung jawab, dan tidak ada yang lebih berkomitmen untuk mendapatkan hak ini,” katanya kepada DPR, menambahkan, “Saya bertekad untuk meninggalkan Departemen Luar Negeri dan negara kita lebih aman, lebih kuat dan lebih aman. “

Sejak menjabat pada tahun 2009, Clinton telah berulang kali menyatakan bahwa dia hanya tertarik dalam melayani satu istilah sebagai sekretaris negara. Dia resmi mengundurkan diri dari jabatannya di Departemen Luar Negeri pada tanggal 1 Februari 2013.

Pada awal Maret 2015, Clinton kontroversi dan kritik yang dihadapi ketika terungkap bahwa dia telah menggunakan alamat email pribadi untuk menangani urusan resmi pemerintah selama waktu sebagai menteri luar negeri. Dalam konferensi pers yang diadakan di PBB, berbicara awalnya kesetaraan gender dan situasi politik di Iran, Clinton menyatakan bahwa dia telah dimanfaatkan email pribadinya untuk kenyamanan sebagaimana diizinkan oleh protokol Departemen Luar Negeri. Dia kemudian diserahkan semua korespondensi pemerintah untuk pemerintahan Obama saat menghapus pesan yang dapat ditafsirkan sebagai pribadi.

Setelah banyak spekulasi dan asumsi mengenai apakah Clinton akan mencalonkan diri sebagai presiden AS, rencananya dibuat resmi pada musim semi 2015. Pada tanggal 12 April, Clinton kampanye ketua John D. Podesta mengumumkan melalui email bahwa mantan sekretaris negara memasuki perlombaan untuk mengamankan nominasi presiden dari Partai Demokrat untuk pemilu 2016. Hal ini segera diikuti oleh klip promosi online, dengan Clinton sendiri mengumumkan pada akhir video yang dia mencalonkan diri sebagai presiden. Dia dianggap sebagai terdepan dan, jika berhasil, akan menjadi wanita pertama yang mendapatkan nominasi untuk tawaran presiden partai besar itu.

arsipusi

Putra Sigotom

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *